Minggu, 09 Oktober 2011

Transenden Kesadaran

'Manusia merenungkan makna hidupnya.'

Tiap-tiap hari manusia mengalami sesuatu yang baru dalam hidupnya, dalam hal ini ia sadar bahwa, pengalamannya terbatas. Besok ada pengalaman lain lagi tentang hal-hal yang sekarang di luar jangkauannya.

Agama merupakan unsur penting bagi keseimbangan dan stabilitas psikis pribadi manusia, karena agama menyampaikan suatu pengertian tentang makna hidup, lagi pula menjawab atas kebutuhan akan perlindungan dan keinginan untuk menjadi bahagia.

Perlu dikembangkan rasa ingat akan Tuhan YME, karena kesadaran akan Allah itu, manusia akan belajar 'SUJUD' dihadapan Tuhan, yakni menyerahkan jiwa dan raganya secara total kepada Tuhan YME. Sikap ini merupakan bagian dari manusia yang memandang  jiwanya sebagai harga titipan yang hidup dalam keharmonisan dan ketenteraman hati.

Penting sekali bahwa prinsip-prinsip moral tidak bersifat statis, melainkan dinamis. Hal ini berarti bahwa moral sebagai pembimbing kelakuan manusia, bukanlah pertama-tama sejumlah perintah melainkan pertama-tama suatu sikap dan suatu mentalitas.
Moral memberikan suatu semangat tertentu kepada tingkah laku manusia, yakni tingkah laku itu disesuaikan dengan pertimbangan hati nurani manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar