Kamis, 13 Oktober 2011

Tips Membuat Selai

Rasa dan ketahanan selai amat tergantung pada buah-buahan yg dipakai. Pilihlah buah yg manis, matang, tetapi tdk busuk sedikitpun. Sebaiknya hindarkan juga buah yg memar akibat jatuh karena pada bagian yang memar akan menimbulkan rasa asam dan membuat selai tdk tahan lama.

Ketahanan selai juga terletak pd kebersihan dlm pembuatan. Untuk itu cucilah botol selai bersih-bersih dg air panas. Kemudian jemur hingga betul-betul kering.

Gunakan panci atau sendok yg tdk bereaksi thp asam. Sendok kayu amat baik untuk digunakan sbg alat pengaduk. Sebaliknya jangan menggunakan panci atau pengaduk dari bahan aluminium karena aluminium larut dalam asam. Selai anda akan menjadi kebiruan dan menjadi pahit.

Jika anda membuat selai utk disimpan lama atau utk dijual, gunakan 1/2 sendok teh Natrium Benzoat setelah selai matang. Jadi Natrium Benzoat dimasukkan bukan pada saat selai dimasak.

Penggunaan agar-agar amat perlu utk buah-buahan tertentu yg jika dimasak tdk bisa menjadi kental. Tetapi jangan digunakan terlalu banyak agar-agar, selai anda akan kurang enak jadinya.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar