Sabtu, 08 Oktober 2011

Keutamaan Sholat Dhuha

Jika sebelum memulai sesuatu diawali dg bermunajat dan berdoa kpd Allah Swt, mk dg izin-Nya, semua yg kita usahakan akan mendatangkan rezeki yg bermanfaat.

Sholat Dhuha mrpkan pengembangan diri utk dpt menguatkan sinyal magnetika yg memancar meliputi aura tubuh dlm diri seseorang.

Sebuah hadis Qudsi yg diriwayatkan oleh Abu Dzar al - Ghifari bahwa Rasulullah Saw. Bersabda :
'Allah Swt. Berfirman, Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pd permulaan siang, mk Aku akan mencukupi kebutuhanmu pd akhir siang.'

Sholat Dhuha memiliki kekuatan berupa barakah utk membawa pelakunya kembali ke dlm dimensi batin yg terdlm, yakni ke dlm sumber kekuatan dirinya sendiri yg berasal dr Allah Swt.

Sholat Dhuha mrpkan ungkapan syukur kita thd Allah Swt. atas karunia-Nya yg tak terhingga.
'Barang siapa yg melaksanakan sholat Dhuha 2 rakaat, ia tdk akan termasuk gol.pelupa/lalai. Baramg siapa yg melaksanakan sholat Dhuha 4 rakaat, akan dimasukkan dlm gol.org-org yg bertaubat (kembali kpd Allah). Barang siapa yg melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 8 rakaat, mk termasuk gol. hamba-hamba yg patuh. Dan barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat mk Allah akan membangun baginya rumah di surga.' (HR. Thabrani dari Abu Darda')

Sholat Dhuha mrpkan ekspresi rasa syukur atau terimakasih kita kpd Allah Swt.atas nikmat sehat dan kebugaran setiap sendi tubuh kita.
Hal tsb selaras dg sebuah hadis :
'Hendaklah masing2 darimu bershadaqah setiap pagi utk setiap ruas tulang badannya.
Setiap kali bacaan TASBIH adalah shadaqah, setiap kali bacaan TAHMID adalah shadaqah, setiap kali bacaan TAkBIR adalah shadaqah, MENYURUH YG MA'RUF adalah shadaqah, dan MENCEGAH YG MUNKAR adalah shadaqah. Dan sebagai ganti dari semua itu cukuplah melakukan 2 rakaat sholat Dhuha.' (HR.Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud).

Selain itu, sholat Dhuha memiliki keutamaan lain yaitu bisa meraih keuntungan dg cepat, mendapat ganjaran berupa rumah indah yg terbuat dr emas kelak di akhirat, mendapatkan pahala sebesar ibadah umrah, dijauhkan dari siksa api neraka pd hr kiamat nanti, dan akan dibuatkan pintu khusus di surga bernama Pintu Dhuha. Hal tsb. ditegaskan oleh Rasulullah Saw. dalam hadisnya :

'Barang siapa yg melakukan sholat Fajar, kmd ia tetap duduk di tempat sholatnya sambil berzikir hingga matahari terbit, kmd ia melaksanakan sholat Dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah Swt. akan mengharamkan api neraka menyentuh atau membakar tubuhnya.' (HR. Baihaqi).

Juga, bagi org yg merutinkan sholat Dhuha, niscaya Allah mengganjarnya dg balasan surga.
Rasulullah Saw.bersabda :

'Di surga tdp pintu yg bernama Babudh Dhuha (Pintu Dhuha), yg pd hr kiamat nanti akan memanggil-manggil, 'Dimana orang yg senantiasa mengerjakan sholat Dhuha? Ini pintu kamu, masuklah dg kasih sayang Allah.' (HR. Thabrani).

Di akhirat Allah Swt. akan membangunkan surga baginya, sesuai dg sabda Rasulullah Saw. :

'Barang siapa yg mengerjakan sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat mk Allah akan membangunkan untuknya istana di surga.' (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar