Kamis, 13 Oktober 2011

Jenis-Jenis Susu

Susu Segar
Susu ini sangat mudah rusak dalam waktu relatif cepat, sehingga harus disimpan dalam lemari pendingin atau dipanaskan dulu sebelum diminum. Jika susu ini berubah warna dan baunya, jangan dikonsumsi lagi.

Susu Pasteurisasi
Merupakan susu segar yang dipanaskan di bawah 100 derajat untuk membunuh bakterinya sehingga aman untuk diminum. Susu dalam bentuk cair ini setelah dipanaskan secepatnya didinginkan dan dikemas. Jika kemasan sdh dibuka, hendaknua segera dihabiskan atau simpan dalam lemari pendingin. Susu ini tdk tahan bila diletakkan pd suhu panas.

Susu Kental Manis
Susu ini dikentalkan melalui proses penguapan hingga kandungan airnya berkurang banyak dan ditambahkan gula sebagai pengawetnya. Susu kental manis tidak cocok untuk bayi karena mengandung kadar gula tinggi sehingga dpt mengakibatkan mencret. Apabila anda menemukan warnanya tidak jernih lagi dan kekentalannya sdh terlalu pekat, berarti susu ini sdh lama dan tdk baik lagi utk diminum.

Susu Formula
Susu bubuk ini dibuat utk bayi dg formula yg disesuaikan dg formula ASI yakni diberi tambahan zat besi mineral dan vitamin. Sekalipun demikian mutunya belum bisa disejajarkan dg ASI. Pemakaiannya harus dikonsultasikan dg dokter.

Susu Full Cream
Merupakan susu bubuk berkadar lemak tinggi (26 persen). Baik dikonsumsi anak2 yg kurang gizi. Pilihlah susu yg dikemas dlm kaleng, bukan dlm plastik. Sebaiknya diberikan pd bayi setelah usia enam bulan.

Susu Skim
Susu ini sering disebut susu non fat. Memiliki kandungan lemak rendah dan tdk mengandung vitamin A dan D. Tidak cocok dikonsumsi bayi tetapi cocok utk orang dewasa yg harus mengurangi  makanan berlemak.

Susu Evaporasi
Adalah susu yg dipanaskan hingga kandungan airnya berkurang sekitar separuhnya. Kadangkala disebut juga sbg susu kental tidak manis. Susu ini kerap dipakai sbg campuran membuat kue.

Susu UHT
Susu Ultra High Temperature ini merupakan susu yg disterilkan dg suhu sangat tinggi sekitar 137 derajat dlm waktu singkat shg awet. Tidak perlu disimpan dlm lemari pendingin pun tdk jadi soal. Biasanya dikemas dlm kotak karton (tetra pack). Saat membeli susu ini, jangan lupa memperhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Susu Bubuk
Ini merupakan susu yang dipanaskan hingga kering dan berupa bubuk. Susu bubuk ini dibagi tiga macam yakni susu formula, whole milk atau susu full cream, dan susu skim atau susu nonfat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar